Pemberian Penyuluhan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan Air Susu Ibu (ASI) Pada Bayi Oleh Mahasiswa Kebidanan Universitas Awal Bros Di Posyandu Rosella, Botania, Batam.
Pemberian Penyuluhan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan Air Susu Ibu (ASI) Pada Bayi Oleh Mahasiswa Kebidanan Universitas Awal Bros Di Posyandu Rosella, Botania, Batam.

LENSA AWAL BROS – Kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  dilaksanakan pada tanggal 01 Juli 2022, dengan  melibatkan  peran dosen, kader, dan para mahasiswa sebagai penanggungjawab dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan  pengabdian  masyarakat ini  menggunakan  metode  penyuluhan pendidikan  kesehatan pada  masyarakat  berupa  pemberian  materi  tentang  pentingnya pemberian  Inisiasi  Menyusui  Dini (IMD)  dan  Air  Susu  Ibu  (ASI)  pada  Bayi kegiatan ini dilaksanakan di Posyandu Rosella, Botania di Wilayah Kerja Puskesmas Botania di Kota Batam, dengan jumlah peserta 11 orang.

Pemateri oleh mam Rici Gusti Maulani.,S.Tr.Keb.,M.KM, Nuari Andolina.,S.ST.,MKM dan mahasiswa Alda Laras Terda, Sumi Yati telah menyampaikan materi dengan menarik dan responden juga menyimak secara proaktif dalam menyampaikan pertanyaan mengenai topik tersebut.

Tahap pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan sesi pengenalan, sesi materi membahas tentang pentingnya pemberian  Inisiasi  Menyusui  Dini  (IMD)  dan  Air  Susu  Ibu  (ASI)  pada  Bayi,  kemudian dilanjutkan  dengan  sesi  tanya  jawab.

Setelah  diberikan  pengenalan  di  awal  sesi  pembukaan  penyuluhan  materi,  maka  dilakukan pendokumentasian  dan  Komunikasi  Informasi  dan  Edukasi,  sebelum  ibu  pulang  diberikan  kembali beberapa  pertanyaan  yang  diajukan  secara  langsung  untuk  mengukur  pengetahuan  dan  evaluasi keberhasilan penyuluhan para peserta.

Dilihat dari hasil kegiatan ini para peserta dapat memahami materi yang telah disampaikan. Peserta dan para kader antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Diharapkan agar kegiatan  ini masyarakat  peduli  terhadap pemberian Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan Air Susu Ibu (ASI) pada Bayi dengan mencari informasi dan aktif dalam kegiatan posyandu setempat serta para tenaga kesehatan lebih berkoordinasi kembali dengan para kader yang ada dengan melibatkan stekholder di wilayah setempat tenaga kesehatan juga berperan  dalam  mempromosikan  atau  menginformasikan  tentang  pentingnya pemberian  Inisiasi.

 

#KegiatanMahasiswa
#pengabmasUAB2022



Editor HF

Share:
Join to Us
Newsletter

Stay Updated on all that's new add noteworthy

Subscribe Now