Pemaparan Edukasi Tentang Persiapan Persalinan Dan Kelahiran Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Kebidanan Universitas Awal Bros
Pemaparan Edukasi Tentang Persiapan Persalinan Dan Kelahiran Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Kebidanan Universitas Awal Bros

LENSA AWAL BROS – Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Agustus 2021 secara daring di Zoom Cloud Meeting dengan metode ceramah dan diskusi yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Kebidanan Universitas Awal Bros. Materi yang disajikan pada pengabdian masyarakat ini adalah tentang persiapan persalinan dan kelahiran selama masa Pandemi Covid-19, Selama pandemi Covid-19 dan menghadapi era New Normal, pelayanan kesehatan harus tetap berjalan secara optimal, aman bagi pasien dan bidan dengan berbagai penyesuaian berdasarkan panduan penanganan Covid atau protokol kesehatan di wilayah Tanjung Riau Kota Batam.

Pemateri oleh mam Aminah Aatina A, S.Sit,M.Keb, mam Netty Herawaty Purba,Sst, M.Keb dan mahasiswa Siti Nurlela telah menyampaikan materi dengan menarik dan responden juga menyimak secara proaktif dalam menyampaikan pertanyaan mengenai topik tersebut.

Adapun sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ibu hamil dan kader kesehatan di Tanjung Riau Kota Batam sebanyak 41 orang. Dilaksanakan dengan pendekatan survei daring dengan menggunakan google form (pretest dan posttest). Pengambilan data dilakukan dengan cara responden mengisi kuesioner pretest dan posttest di google form yang telah disebarkan secara online melalui grup whatsapp peserta.

Tahap pelaksanaan yaitu penyuluhan diawali dengan pemberian pretest untuk mengukur sejauh mana pengetahuan peserta terkait dengan materi, kemudian pemaparan materi dan diskusi/ tanya jawab, dan diakhiri dengan pemberian posttest untuk mengukur pengetahuan peserta setelah diberikan penyuluhan.

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan ibu hamil sebesar 56% tentang persiapan persalinan dan kelahiran selama masa pandemi Covid-19.

Dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan mendapatkan dukungan dan respon yang positif dari pihak puskesmas, mayarakat dan kader kesehatan.

Diharapkan Tenaga kesehatan dan kader dapat proaktif untuk terus memberikan edukasi dan pendampingan terutama pada ibu hamil selama masa pandemi Covid-19 sehingga proses persalinan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

 

 

#KegiatanPengabdianMasyarakat
#
MahasiswaTanggapSekitar
#Covid19

Editor SNF

Share:
Join to Us
Newsletter

Stay Updated on all that's new add noteworthy

Subscribe Now