Mahasiswa dan Dosen Program Studi Kebidanan Memberikan Pemahaman Tentang Pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri
Mahasiswa dan Dosen Program Studi Kebidanan Memberikan Pemahaman Tentang Pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri

LENSA AWAL BROS – Menstruasi adalah hal normal bagi perempuan. Namun, menstruasi bisa menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan jika remaja perempuan tidak dipersiapkan untuk menjalaninya dan lingkungan sekitarnya tidak memberikan dukungan.

Jika membicarakan menstruasi saja masih diwarnai oleh tabu, bagaimana anak perempuan bisa siap menghadapi menstruasi yang akan datang di usia belia?

Itulah pentingnya peran mahasiswa dalam mengedukasi manajemen kebersihan menstruasi pada remaja putri.

Metode   pengabdian   kepada   masyarakat   pada   kegiatan   penyuluhan   kesehatan dilaksanakan  menggunakan  metode  ceramah  dan  tanya  jawab.  Metode  ceramah  pada kegiatan   ini   digunakan   untuk   pengantar   sebelum   memberikan   penjelasan   tentang Manajemen  Kebersihan  Menstruasi.

Materi pengabdian masyarakat kali ini di berikan oleh mam Yulinda Laska.,S.Sit.,M.Tr.Keb, mam Eka Fitri Amir.,S.St.,M.Keb dan mahasiswa atas nama Risma Ikha Paramitha.

Metode  tanya  jawab  yang  digunakan  baik  pada  saat berlangsungnya kegiatan edukasi ataupun pada saat kegiatan berakhir yang memungkinkan para  peserta  mengutarakan  hal-hal  yang  belum  dipahami.  Media  yang  digunakan  dalam kegiatan ini yaitu slide PowerPoint. Penyusunan  Satuan  Acara  Penyuluhan  (SAP)  dimulai  sebagai  langkah  awal  prosedur pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pelaksanaan  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat berupa   pemberian   penyuluhan   kesehatan  tentang   Manajemen   Kebersihan   Menstruasi dilakukan melalui Zoom Cloud Meeting pada hari Sabtu tanggal 24 Juli 2021.

Kegiatan diawali dengan  membuka  kegiatan  dengan  salam,  kemudian  perkenalan  tim  penyuluh  kesehatan, dan  pemberian  materi  Manajemen  Kebersihan Menstruasi  yang  mengaplikasikan  metode ceramah   dan   tanya   jawab.   Setelah   kegiatan   penyuluhan   berakhir   dilanjutkan   dengan kegiatan dokumentasi.

Kegiatan  pemberian  materi  berlangsung  kurang  lebih  45  menit  dan  di  akhir  sesi pemateri  memberikan  kesempatan  peserta  untuk  mengajukan  pertanyaan  terkait  materi yang telah disampaikan. Didapatkan 6 pertanyaan dari peserta penyuluhan terkait isi materi.

Setelah menjawab pertanyaan dari peserta. Setelah itu kegiatan penyuluhan ditutup dengan kegiatan dokumentasi foto bersama antara pemateri, moderator, pembawa acara, dan para peserta penyuluhan.

kegiatan  yang  diikuti  oleh  remaja  putri  berusi  14-22  tahun  berjumlah  36  orang  berjalan dengan baik dan lancar.

Para peserta menjadi lebih mengetahui tentang pentingnya Manajemen  Kebersihan  Menstruasi  yang  ditandai  dengan  antusias  para  peserta  bertanya tentang materi yang disampaikan sebelum penutupan kegiatan penyuluhan.

 

#PengabdianMasyarakat
#
MenstruasiPadaRemajaPutri

Editor SNF

Share:
Join to Us
Newsletter

Stay Updated on all that's new add noteworthy

Subscribe Now