Kegiatan Pengabdian Masyarakat Tentang Menstruasi dan Gangguan Menstruasi Pada Remaja Putri di SMAN 13 Batam
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Tentang Menstruasi dan Gangguan Menstruasi Pada Remaja Putri di SMAN 13 Batam

LENSA AWAL BROS – Kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat ini dilaksanakan pada hari Senin, 15  November  2021 dengan  melibatkan  peran dosen, kader, dan para mahasiswa sebagai penanggungjawab dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pemberian edukasi  mengenai menstruasi  serta  gangguan  menstruasi  pada  remaja  putri  SMAN  13  Batam.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  dapat  meningkatkan  pengetahuan remaja  putri terkait  dengan  menstruasi,  gangguan  menstruasi, siklus   menstruasi,   perawatan   genitalia   saat menstruasi,   pemeliharaan   personal   hygiene,   serta meningkatkan  motivasi remaja  putri dalam  menjaga  kesehatan  reproduksi  saat  menstruasi. Kegiatan penyuluhan  kesehatan  dilakukan  pada  remaja  putri  di SMAN  13  Batam  dengan jumlah remaja  putri yang  mengikuti kegiatan  penyuluhan sekitar 42 orang.

Pemateri oleh mam Fitriani.,S.St.,M.Keb dan mam Nuari Andolina.,S.ST.,MKM yang telah menyampaikan materi dengan menarik dan para peserta juga menyimak secara proaktif dalam menyampaikan pertanyaan mengenai topik tersebut. Pada  saat  penyampaian  materi  aktif  dalam  diskusi  dan tanya jawab.

Tahap pelaksanaan penyuluhan diawali dengan pemberian informasi tentang konsep menstruasi, gangguan dan gejala, patofisiologi, pencegahan, manifestasi  kliniks  serta  pemeriksaan  yang disarankan.  Kemudian  setelah  pemaparan  materi, remaja putri diminta  untuk  responsi  tanya  jawab guna  mengetahui  pemahaman  terhadap  materi  yang diberikan. Kegiatan  penyuluhan  tentang  gangguan  menstruasi  pada remaja  putri dapat  tercapai  dan terlaksana dengan baik.

Dilihat  dari  hasil  pretest  sebagian  besar  bahwa setelah   pelaksanaan   pemberian   edukasi   mengenai menstruasi  serta  gangguan  menstruasi  pada  remaja  putri  SMAN  13  Batam,  para  peserta  sudah mendapatkan  pengetahuan  cara  menghadapi  menstruasi dilihat dari  hasil  Pretest  yang  dilakukan. Memiliki peningkatan pengetahuan mengenai menstruasi serta gangguan menstruasi. Kegiatan yang dilaksanakan ini diterima antusias oleh remaja putri SMAN 13 Batam yangt terlihat dari banyaknya siswi yang bertanya seputar gangguan menstruasi, pengetahuan  tersebut  meningkat  setelah dilakukan pemberian  informasi  dengan  metode  pemaparan dengan menggunakan leaflet.

Diharapkan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilakukan secara berkala dengan  frekuensi  yang  lebih  sering  dan  jangkauan  penyebaran  informasinya  juga  dapat  diperluas sehingga  mencakup  seluruh  lapisan  masyarakat  agar  siswi  dan  masyarakat  lebih  mengetahui  dan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

#KegiatanMahasiswa
#pengabmasUAB2021


Editor HF

Share:
Join to Us
Newsletter

Stay Updated on all that's new add noteworthy

Subscribe Now